Selasa, 03 Februari 2015

Derek Redmond: Berjuang Hingga ke Garis Finish


Derek Redmond

Dulu, Derek Redmond selalu memenangkan kejuaraan lari kelas dunia hingga akhirnya terjadi tragedy di tahun 1992 yang membuatnya menjadi inspirasi di dunia Olimpiade. Pada saat itu, Redmond mengalami cedera ketika ia tengah berlari. Otot pahanya mengencang hingga ia tergeletak di tanah sambil berteriak kesakitan. Namun, ketika tim medis menghampirinya, Redmond bersikeras ingin melanjutkan perlombaan larinya. Meski telah diperingati beberapa kali dan diteriaki pelatihnya untuk berhenti, Redmond seakan menutup telinganya dan terus berjalan meski tertatih hingga garis finish.

Usaha Redmond tak hanya dilakukan oleh sendiri, tapi ia juga mendapatkan dukungan dari ayahnya yang duduk di bangku penonton. Sambil menerobos beberapa penjaga pagar, ayah Redmond berteriak dengan keras meneriakkan, “Itu anakku!”. Setelah berhasil menerobos penjagaan, ayah Redmond menghampiri anaknya dan merangkul serta memapahnya hingga garis finish.  Ayah Redmond berkata, “Itu tujuanmu, Nak! Apapun yang terjadi, kamu harus mencapai tujuan itu. Tenang.. kamu tidak sendirian. Ayah akan membantumu mencapai tujuan itu!” Pemandangan yang mengharukan ini sontak membuat seluruh penonton di stadion bergemuruh dan memberikan standing applause bagi Redmond dan ayahnya.
Setelah Olimpiade 1992 tersebut, Redmond rutin menemui dokter. Saat itu, dokter yang memeriksanya berkata bahwa Redmond tidak akan bisa mewakili negaranya lagi di kompetisi apapun dengan kondisi tersebut. Namun, karena kegigihannya, Redmond berhasil menekuni olahraga lain seperti basket, rugby, dan lainnya. Ketika berhasil masuk dalam tim nasional Inggris di bidang basket, Redmond mengirimkan fotonya bersama timnya disertai tanda tangan kepada dokter tersebut. Ia mampu membuktikan bahwa ia masih bisa berdedikasi untuk negaranya.

Kini, Redmond memang sudah tidak aktif sebagai atlet nasional, tetapi kisahnya pada tahun 1992 tersebut menjadi inspirasi dan legenda di sejarah Olimpiade dunia. Redmond masih aktif menjadi motivator dan pembicara untuk memotivasi para atlet junior. Redmond juga menjadi salah satu pemilik tim pembalap sepeda, Superbike.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar